Cara Mudah Merubah Background Foto di Photoshop CS6

Mempunyai foto yang unik tentu akan sangat menyenangkan, terutama bagi mereka yang gemar take foto. Salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk membuat foto kita terlihat unik atau berbeda adalah dengan merubah latar belakang (background) foto kita sendiri. Pada posting kali ini, saya akan coba berbagi cara mudah merubah background foto di Photoshop dengan menggunakan tool yang bernama Polygonal Lasso Tool. Photoshop yang saya pakai adalah Photoshop CS6. Bagi yang belum memiliki Photoshop CS6, tidak perlu khawatir, karena tampilan dan fitur2nya tidak terlalu jauh berbeda, sehingga tutorial kali ini masih bisa di gunakan di Photoshop-Photoshop sebelumnya. Berikut tutorialnya.

1) Buka program Photoshop kemudian buka gambar yang akan di edit dengan cara klik FILE – OPEN  atau klik CTRL+O pada keyboard. Jangan lupa jika tidak ingin merubah foto yang asli maka sebaiknya duplicate dulu foto tersebut dengan cara klik kanan pada area judul foto kemudian klik DUPLICATE, setelah itu tekan ENTER atau klik OK, seperti tampak pada gambar di bawah ini: (lalu close foto yang asli)

1

2) Ubah layer BACKGROUND pada LAYERS menjadi LAYER 0 (nol) dengan cara double klik pada layer background, sampai muncul tampilan seperti di bawah, setelah itu tekan ENTER atau klik OK.

2

Layer background sekarang telah berubah menjadi LAYER o  seperti tampak pada gambar yang di tandai merah di bawah (note: nama layer bisa disesuaikan sesuai keinginan kita untuk mempermudah kita ketika ingin mengedit foto yang memerlukan layer yang banyak).

3

3) Pada Tool di sebelah kiri, pilih/klik POLIGONAL LASSO TOOL atau bisa secara langsung menekan huruf L pada keyboard agar lebih cepat. Untuk besarnya FEATHER bisa disesuaikan dengan keinginan kita, tapi pada tutorial kali ini sebaiknya jangan terlalu besar  karena akan berpengaruh ketika proses pemotongan area gambar, sebaiknya sekitar angka 0 – 2. Lihat gambar di bawah ini:

4

4) Setelah POLIGONAL LASSO TOOL dipilih/diklik maka lakukan seleksi area pada gambar. Klik pada area gambar kemudian arahkan pointer (mouse) untuk menyeleksi gambar kemudian klik, kemudian arahkan dan klik lagi, begitu seterusnya sampai kembali pada awal meletakkan/mengklik mouse pada gambar kemudian double klik, untuk lebih jelasnya lihat petunjuk gambar berikut:

5

5) Setelah melakukan double klik mouse, maka area akan terseleksi seperti gambar di bawah ini: (area terseleksi ditunjukkan oleh garis putus-putus pada sekitar foto)

6

6) Sebelum melakukan pemotongan, pilih menu SELECT pada menu bar kemudian pilih INVERSE atau tekan CTRL+SHIFT+I pada keyboard, maka area yang terseleksi menjadi seperti di bawah ini:

7

7) Ini dia bagian yang paling saya suka :). Tekan DELETE pada keyboard sehingga area yang terseleksi tadi menjadi terpotong dan tampak seperti gambar di bawah ini:

8

8) Buka gambar yang akan dijadikan pengganti background dengan cara pilih menu FILE kemudian pilih OPEN, setelah itu pilih gambar yang dikehendaki. Pada tutorial ini saya memilih foto bunga mawar yang akan saya jadikan background untuk foto Song Hye Kyo yang tadi sudah diedit, kemudian pada foto bunga mawar yang baru di buka, DRAG gambar ke foto Song Hye Kyo tersebut (foto bunga mawar menjadi LAYER 1 berada di atas LAYER 0). Setelah itu, pada layer bunga mawar pilih menu EDIT kemudian pilih FREE TRANSFORM atau tekan CTRL+T pada keyboard dan sesuaikan besar kecilnya foto bunga mawar tersebut dengan menggunakan Pointer (Mouse) di area-area seperti yang ditunjukkan di bawah ini:

9

9) Setelah posisi foto yang akan dijadikan background sudah sesuai dengan keinginan, maka pindahkan posisi LAYER 1 (bunga mawar) yang tadinya berada di atas layer 0 (Song Hye Kyo) menjadi sebaliknya yaitu LAYER 1 berada di bawah layer 0. Lihat gambar di bawah ini:

11

10) Setelah posisi layer dipindahkan, maka hasil akhirnya seperti ini:

12

song_hye_kyo021 copy

Selanjutnya, Anda bisa langsung menyimpan foto tersebut pada folder yang dikehendaki.

Itulah tahap-tahap merubah background foto di Photoshop CS6. Selamat mencoba ^_^ dan semoga bermanfaat…

*Thanks a lot for my little brother who has installed Adobe Photoshop CS6 for me.. :)

About these ads

37 thoughts on “Cara Mudah Merubah Background Foto di Photoshop CS6

  1. Cara ngeDRAGnya, klik kiri jangan dilepas pada area gambar yang akan di DRAG (di pindahkan) kemudian langsung pindahkan ke foto yang akan diganti backgroundnya. Kalau ngedrag foto backgroundnya sulit, coba layernya diganti
    dulu menjadi layer 0 dengan cara double klik pada kolom layer menjadi layer 0 (seperti ada pada langkah no 2 di atas). :) Mudah-mudahan cukup jelas, jika belum, silahkan bertanya lagi,, :)

    • Photoshop CS6 memang sedikit berbeda dengan photoshop2 sebelumnya. Coba klik 2 kali pada judul photonya untuk memisahkan/minimaze photonya, setelah di minimaze, drag and drop ke photo yg diinginkan..

    • kalau tidak drag, coba saja di photonya di CRTL+X (cut) atau di CTRL+C (copy) baru di paste di photo yang satunya lagi, tapi ingat layernya di jadikan dulu layer 0.

    • Cara simpannya klik menu FILE kemudian SAVE, pilih tempat yg dikehendaki. Jika ingin menyimpan dan ingin merubahnya lagi suatu saat nanti maka format gambarnya pilih PSD, namun jika tidak akan dirubah lagi maka pilih format JPG atau JPEG.. :)

    • Ia tdk apa2.. :)
      Langkah no 9 maksudnya?
      aktifkan layer 0 dgn cara klik kiri pada layer 0 kemudian klik kiri lagi jangan dilepas, kemudian geser posisinya menjadi di atas layer 1.
      Atau
      Double klik di layer 0 jangan di lepas kemudian drag/geser/pindahkan posisinya ke layer 1..
      Semoga membantu.. :D

  2. freddy haggard says:

    maap y tanya lagi nich..!!!!
    knp y pas aku open foto lg bt backgroundnya kok LAYERnya g bisa pisah ( atas n bawah ) kayak gambar 9+10 diatas pdhl udah tk clik 2kali

    • oh, mungkin pas open foto yg kedua malah masuk ke foto yg pertama alias tidak terpisah-pisah. biar tidak terjadi hal seperti itu, sewaktu drag foto ke photoshop jangan pas ke area foto yang sudah di buka (area foto yang di buka harus di restore) jadi nanti fotonya terpisah2, baru setelah itu drag foto ke foto yang satunya?
      apakah cukup jelas? hehe.. jika belum silahkan tanya lagi..

    • coba periksa layernya apakah sudah dirubah menjadi Layer 0 atau belum (langkah no 2)? Kalo belum dan layernya masih Background dan ada tanda gemboknya maka kemungkinan besar tidak akan berhasil… :)

    • fetixuyan16 says:

      Coba jangan langsung tekan CTRL+S untuk menyimpan filenya, tapi gunakan cara manual, yaitu tekan FILE kemudian SAVE atau SAVE AS, baru pilih dimana akan di save dan ubah format ke JPG atau yang lainnya.. :D

      • Dagul hidayat says:

        Gan ko saya ga.bisa nge drag tiap kali buka poto baru poto yang ada jadi hlng gmna cara.nya

      • fetixuyan16 says:

        Nah itu dikarenakan ketika open foto, foto jadi bertumpuk (tidak terpisah-pisah). Untuk mengatasi hal ini, sebelum buka foto baru, double klik pada foto yang sudah dibuka di photoshop atau pilih restore down pada sudut kanan foto yg telah di buka, sekat dengan pilihan minimize dan close pada foto ya, bukan pada aplikasi adobe photoshop.. :D

  3. fahrudin says:

    maaf senior, saya mau tanya, permasalahan nya sama seperti freddy haggard, pas q buka file baru layer nya tu memisah, gak jadi satu, pdahal udah nol layer nya, jadi pas mau nge drag nya susah, mohon bantuan ny

    • Nah, photoshop Cs6 memang sedikit berbeda dengan versi sebelumnya yang akan mudah untuk di drag karena fotonya/filenya langsung terpisah, maka dari itu, ketika open file foto/background, pastikan filenya terpisah-pisah dulu agar mudah di drag dengan cara double klik di area judul file/foto sampai foto/file itu punya icon minimize, maximize dan closenya sendiri2.. :D

    • fetixuyan16 says:

      iya, rubah dulu jadi layer 0 dengan cara klik double klik di layer background, ingat ya bukan pada fotonya tapi pada layer backgroundnya. Nah setelah itu baru di area foto klik kiri lalu lakukan drag and drop ke foto yang satunya lagi.. :D
      kalo belum mengerti, silahkan bertanya lagi, kalo ada yg mau membantu menjawab, dengan senang hati juga bisa post commentnya di sini.. :D

Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s